Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Naik Kendaraan Arab, Latin, dan Terjemahan

Daftar Isi [show]

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara
Dhiragama.com - Sebagai makhluk sosial kita pasti akan selalu menjalin hubungan silaturrahmi dimanapun dan kapanpun kita berada. Salah satu cara bersilaturrahmi yang paling sering kita lakukan adalah dengan mengunjungi rumah saudara, kerabat, ataupun teman.

Tidak jarang juga ketika kita ingin mengunjungi seseorang, kita harus menggunakan kendaraan untuk sampai ke tempat tujuan kita. Kendaraan tersebut dapat berupa motor, mobil, pesawat ataupun kapal laut. Tetapi ketika menaiki kendaraan apakah kita sudah membiasakan diri untuk selalu berdoa kepada Allah SWT untuk meminta ridha-Nya dan perlindungan-Nya? 

Pada kesempatan kali ini kita akan mebahas tentang lafadz doa naik kendaraan disertai tulisan arab, latin, dan juga terjemahan. Selain membahas hal tersebut, kita juga akan membahas tentang keutamaan serta manfaat berdoa ketika menaiki kendaraan menuju tujuan. Yuk simak pembahasan dibawah ini. Selamat membaca.

Doa Naik Kendaraan Darat

Kendaraan yang paling sering digunakan untuk menempuh suatu perjalanan adalah dengan menggunakan kendaraan darat, entah motor, mobil, sepeda, bis atau yang lainnya. Berikut ini adalah doa yang dapat dibaca ketika naik kendaraan darat disertai dengan arab, latin, dan terjemahannya.

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanal-ladzii sakh-kharalanaa haadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina wainnaa iilaa rabbanaa lamunqalibuun

Artinya : Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Baca Juga : Baca doa ini agar disembuhkan dan dijauhkan dari berbagai penyakit

Doa Naik Kendaraaan Laut

Ketika kita ingin pergi ke pulau lain atau menyebrang ke negara tetangga, ada dua pilihan kendaraan yang dapat digunakan untuk dapat sampai ke tujuan yaitu dengan kapal laut atau pesawat terbang. Jika kita memilih untuk sampai tujuan dengan menyebrangi lautan, kita dapat membaca doa naik kendaraan laut berikut ini yang kami tuliskan dengan arab, latin, dan juga terjemahannya.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْم

Bismillaahi majrahaa wa mursahaa inna rabbii laghafururrahiim

Artinya : Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini untuk berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Ia merupakan Tuhanku, dan Ia benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Doa Naik Pesawat atau Helikopter

Jika pilihan kita unuk menuju tempat tujuan jatuh pada menaiki pesawat atau helikopter, kita tetap dianjurkan untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Berikut adalah doa yang dapat dibaca ketika naik pesawat atau helikopter yang kami sertakan dengan arab, latin, dan terjemahannya.

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Subhaanalladzii sakhhorolana hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbina lamunqolibuuna. Allahumma innaa nasaluka fii safarina hadzal birro wattaqwaa waminal 'amali maa tardho. Allahumma hawwin 'alaina safarana hadzaa wathwi'anna bu'dahu. Allahumma antash shoohibu fissafari wal khalifatu filahli. Allahumma innii a'uudzubika min wa'tsaaissafari wakaabatilmandhori wasuuuilmunqolabi filmaali wal ahli

Baca Juga : Masih mengharapkan sang mantan? Baca doa ini agar dia menjadi milikmu kembali

Artinya : Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, takwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga." (HR Muslim)

Keutamaan Membaca Doa Naik Kendaraan

Lalu apa saja manfaat membaca doa naik kendaraan yang dapat langsung kita rasakan? Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keutamaan membaca doa naik kendaraan.

1. Mendapatkan ridha Allah SWT untuk melakukan perjalanan 

2. Dapat memberikan ketenangan dan juga rasa aman didalam diri selama perjalanan

3. Memohon agar selalu diberikan perlindungan selama perjalanan dari segala gangguan dan musibah

4. Mendapat pahala

5. Perjalanan terasa lebih cepat

Baca Juga : Doa dan adab memakai serta melepas pakaian dalam

Penutup

Sebagai manusia hampir setiap harinya kita pasti menaiki kendaraan baik darat, laut maupun udara untuk menuju ke tempat yang kita tuju. Tetapi tahukah bahwa kita dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT termasuk ketika menaiki kendaraan. Hal tersebut dilakukan untuk memohon ridha dan pertolongan Allah SWT agar senantiasa dijauhkan dari segala musibah yang terdapat dalam perjalanan. Doa naik kendaraan darat, laut, majreha, sesuai sunnah, arab, dan artinya. Doa mau pergi, sebelum, baca naik kendaraan.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Doa Naik Kendaraan Arab, Latin, dan Terjemahan"