Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Hadits Tentang Akhlak, Salah Satunya Membahas Balasan Bagi Orang yang Berakhlak

Daftar Isi [show]

Hadits Tentang Akhlak
Dhiragama.com - Akhlak merupakan salah satu hal yang dapat langsung terlihat dari orang lain. Bahkan akhlak sendiri dapat menjadi tolak ukur dari baik atau buruknya seseorang. Di Indonesia sendiri, kata akhlak sendiri berkonotasi positif. Mengapa demikian? Karena di Indonesia orang yang baik disebut dengan orang berakhlak sedangkan yang tidak baik disebut dengan orang yang tidak berakhlak.

Kata akhlak sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu "Khuluqun" yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku dan tabiat. Secara istilah akhlak merupakan pengetahuan yang menjelaskan tentang sikap baik dan buruknya seseorang.

Lalu apa sajakah hadits yang membahas tentang akhlak? Simak pembahasan selengkapnya dibawah ini. Selamat membaca!

Hadits Tentang Akhlak : Perintah untuk Bertakwa Kepada Allah dan Berakhlak Baik

سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ الْجَنَّةَ فَقَالَ « تَقْوَى اللَّهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ ». وَسُئِلَ عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ النَّارَ فَقَالَ « الْفَمُ وَالْفَرْجُ »

Artinya : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai perkara yang banyak memasukkan seseorang ke dalam surga, beliau menjawab, Takwa kepada Allah dan berakhlak yang baik. Beliau ditanya juga tentang perkara yang banyak memasukkan orang dalam neraka, beliau menjawab, Perkara yang disebabkan karena mulut dan kemaluan. (HR. Tirmidzi dan Ibnu majah)

Baca Juga : Hadits Tentang Zakat Fitrah Lengkap dengan Lafadz Arab dan Terjemahan

Hadits Tentang Akhlak : Perintah Untuk Berakhlak Baik Kepada Sesama Manusia

اتَّقِ اللَّهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

Artinya : Bertakwalah kepada Allah di mana saja engkau berada. Ikutilah kejelekan dengan kebaikan niscaya ia akan menghapuskan kejelekan tersebut dan berakhlaklah dengan manusia dengan akhlak yang baik. (HR. Tirmidzi dan Ahmad)

Hadits Tentang Akhlak : Rasulullah SAW Menyukai Manusia yang Memiliki Akhlak

إِنَّ مِنْ أَحِبِّكُمْ إِلَيَّ وَأَقْرَبِكُمْ مِنِّي مَجْلِسًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَحْسَنُكُمْ أَخْلَاقًا

Artinya : Sesungguhnya di antara orang-orang yang paling aku cintai dan paling dekat tempat duduknya pada hari kiamat denganku yaitu orang yang paling baik akhlaknya. (HR. Tirmidzi)

Hadits Tentang Akhlak : Balasan Surga Bagi Orang-Orang yang Memiliki Akhlak

أَنَا زَعِيمٌ بِبَيْتٍ فِي رَبَضِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْمِرَاءَ وَإِنْ كَانَ مُحِقًّا وَبِبَيْتٍ فِي وَسَطِ الْجَنَّةِ لِمَنْ تَرَكَ الْكَذِبَ وَإِنْ كَانَ مَازِحًا وَبِبَيْتٍ فِي أَعْلَى الْجَنَّةِ لِمَنْ حَسَّنَ خُلُقَهُ

Baca Juga : Adab Makan dalam Islam Dilengkapi dengan Haditsnya

Artinya : Aku adalah penjamin sebuah rumah di sekitar taman (Surga) bagi seseorang yang meniggalkan perdebatan walaupun ia benar, penjamin rumah ditengah Surga bagi orang yang meninggalkan dusta walaupun ia bercanda, juga menjadi penjamin sebuah rumah di Surga paling atas bagi orang yang memiliki akhlak yang baik. (HR. Abu Dawud)

Hadits Tentang Akhlak : Orang dengan Iman Sempurna Adalah Orang dengan Akhlak yang Baik

أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

Artinya : Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

Hadits Tentang Akhlak : Rasa Malu Adalah Salah Satu Akhlak Islami

قال رسولُ اللهِ -صلى الله عليه وسلم- : إِنَّ لِكُلِّ دِيْنِ خُلُقًا وَخُلُقُ الإسلامَ الْحَيَاءُ

Artinya : Dari Anas bin Malik radhiallahu anhu, dia berkata, Nabi shallallahu alaihi was sallam, bersabda, Sesungguhnya setiap agama memiliki akhlak, dan akhlak Islami adalah rasa malu. (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga : Tahukah kita bahwa setiap Muslim wajib saling menyayangi? Yuk simak pembahasannya disini.

Penutup

Akhlak menjadi tolak ukur pertama sikap manusia. Di Indonesia sendiri, orang yang baik disebut dengan orang yang berakhlak, sedangkan yang tidak baik disebut dengan orang yang tidak memiliki akhlak. Hadits tentang akhlak mulia diriwayatkan oleh, karimah dan penjelasannya, dan ilmu, lengkap dengan sanad matan rawi.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "6 Hadits Tentang Akhlak, Salah Satunya Membahas Balasan Bagi Orang yang Berakhlak"