Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tasyakuran Empat Bulanan? Jangan Lupa Baca Doa Ini!

Daftar Isi [show]

Tasyakuran Empat Bulanan? Jangan Lupa Baca Doa Ini!

Dhiragama.com - Pasti setiap orang Indonesia pasti sudah mengenal dengan tradisi 4 bulanan kehamilan. Tradisi yang memiliki agenda berdoa memohon perlindungan kepada Allah SWT bagi si bayi dan ibunya. Tasyakuran 4 bulanan kehamilan tersebut memang sudah menjadi tradisi wajib bagi orang-orang Indonesia yang salah satu keluarganya sedang berada pada fase kehamilan.

Tetapi apakah kita tahu hukum sebenarnya dari pelaksanaan tasyakuran 4 bulanan kehamilan ini? Lalu apa saja doa-doa yang biasa dibaca ketika tradisi tersebut berlangsung? Simak pembahasan selengkapnya pada artikel berikut ini. Selamat membaca!

Penjelasan Lengkap Tentang 4 Bulanan

Salah satu tradisi di Indonesia adalah tasyakuran 4 bulanan. Tradisi tersebut memang tidak diwajibkan tetapi juga tidak dilarang secara agama.

Mengapa banyak orang di Indonesia yang sering kali mengadakan tasyakuran 4 bulanan kehamilan? Karena tradisi tersebut bertujuan untuk mengucapkan rasa syukur dan memohon perlindungan kepada Allah SWT agar bayi yang berada didalam kandungan selalu diberkahi keselamatan karena pada masa itu ruh sudah ditiupkan kedalan janin.

Baca Juga : Kumpulan Dalil dan Hadits untuk Motivasi Diri

Surah yang Dibaca Untuk Ketika Tasyakuran 4 Bulanan

Sesuai dengan maksud dan tuuan dari tasyakuran 4 bulanan kehamilan, sudah pasti agenda yang ada pada kegiatan tersebut adalah membaca doa-doa. Sebelum mengetahui doa-doa apa saja yang biasa dibaca ketika trasyakuran 4 bulanan, mari kita bahas terlebih dahulu surah apa saja yang biasa dibaca ketika tasyakuran 4 bulanan. Berikut ini adalah daftar surahnya.

1. Surah Al-Fatihah ayat 1-7

2. Surah Al-Mukminun ayat 12-14

3. Surah Al-Baqarah ayat 233

4. Surah Al-Ahqaf ayat 15

5. Surah Maryam ayat 18-22

6. Surah Yusuf ayat 1-6

7. Surah Ali Imran ayat 36

Jika kita ingin spesifik mendoakan bayi, memohon agar sang anak dikaruaniakan budi pekerti yang baik, kita dapat membaca surah Luqman ayat 14.

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِۚ حَمَلَتْهُ اُمُّهٗ وَهْنًا عَلٰى وَهْنٍ وَّفِصَالُهٗ فِيْ عَامَيْنِ اَنِ اشْكُرْ لِيْ وَلِوَالِدَيْكَۗ اِلَيَّ الْمَصِيْرُ

Artinya : Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu. (QS. Luqman : 14)

Doa Tasyakuran 4 Bulanan

Setelah membahas surah apa saja yang dapat dibaca ketika tasyakuran 4 bulanan, sekarang mari kita membahas doa yang biasa dibaca ketika tasyakuran 4 bulanan.

Baca Juga : Kumpulan Dalil dan Hadits Kewajiban Orangtua Terhadap Anak

Doa Pertama yang Dapat Dipanjatkan

Doa pertama yang biasa cibaca adalah doa yang tertulis dibawah ini yang memiliki makna memohon kesehatan dan perindungnan bagi si ibu dan bayi yang masih berada didalam kandungan.

اَللهُمَّ احْفَظْ وَلَدِىْ مَادَامَ فِى بَطْنِىْ وَاشْفِهِ اَنْتَ شَافٍ لاَشِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُما شِفَاءً لَقاؤُما شِفَاءً لَقاؤُماً اَللهُمَّ صَوِّرْهُ حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ اِيْمَانًابِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اَللهُمَّ اَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِىْ وَقْتَ وِلاَدَتِىْ سَهْلاً وَّتَسْلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلاً حَاذِقًا عَلِمًا عَامِلاً. اللهم طول عمره وصحح جسده وحسن خلقه وافصح لسانه واحسن صوته لقراءة الحديث والقرآن ببركة محمد صلى الله عليه وسلم والحمد لله رب العالمين

Allahummahfazh waladii ma daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa'an illa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqamaa. Allahumma shawwirhu hasanatan watabbit qalbahuu iimaanambika wabirasuulika. Allahumma akhrijhu mimbathnii waqta wilaadatii sahlan watasliimaa. Allahummaj'alhu shahiihan kaamilaw wa'aaqilan hadziqan 'aliman 'aamilaa. Allahumma thawwil 'umrahu washahhih jasadahu wahasan khuluqahu wafshah lisaanahu wa ahsin shautahu liqiraa-atil hadiitsi walquraani bibarakati muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil 'aalamiin

Artinya : Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku, Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain. Ya Allah, bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang elok dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna. Ya Allah, jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaqnya, fasihkan dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Qu'ran dan Al Hadist dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.

Baca Juga : Kumpulan Dalil dan Hadits Tentang Menutup Aurat

Doa Kedua yang Dapat Dipanjatkan

Sama seperti doa pertama, doa kedua yang dapat dipanjatkan adalah doa permohonan keselamatan bagi si bayi dan ibunya.

اَللّٰهُمَّ احْفَظْ مَافى بَطْنِ ..... مِنَ الْجَنِيْنِ وَاجْعَلْهُ ذُرِّيَةُ طَيِّبَةً وَاجْعَلْهُ وَلَدًا صَالِحًا صَحِيْحًا مُعَافَى عَاقِلاً حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلاً سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفّقًا لِلْخَيْرَاتِ غَنِيًّا سَخِيًّا زَائِرًا لِلْحَرَمَيْنِ ِلاَدَاءِ النُّسُكَيْنِ بَرًّا لِلْوَالِدَيْنِ . اَللّٰهُمَّ اَحْسِنْ خَلْقَهُ وَخُلُقَهُ وَحَسِّنْ صَوْتَهُ لِقِرَأَةِ الْقُرْاَنِ الْكَرِيْمِ وَالْحَدِيْثِ النَّبَوِىِّ بِجَاهِ نَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ . اَللّٰهُمَّ وَفِّقْهُ لِطَاعَتِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ. اَللّٰهُمَّ سَهِّلْ خُرُوْجَهُ عِنْدَ الْوِلاَدَةِ وَارْزُقْهُ وَاُمَّهُ وَوَالِدَهُ السَّلاَمَةَ وَالسَّعَادَةَ وَالْعَافِيَةَ وَالشَّهَادَةَ وَحُسْنَ الْخَاتِمَةِ. رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Allahummah fadz maa fii bathnii (sebut nama Ibu yang sedang hamil) minal janiini waj'alhu dzurriyyatan thayyibatan, waj'alhu waladan shalihan shahiihan mu'aataa, 'aaqilan haadziqan 'aaliman 'aamilan sa'iidan marzuuqan lil khairaati, ghaniyyan sakhiyyan zaa-iran ilal haramaini, li adaa-in nusukaini barran lil waalidaini. Allahuma ahsin khalqahu wa hassin shautahu li qiraa-atil qur'aanil kariimi, wal hadiitsin nabawiyyi bijaahi nabiiyika Muhammadin shallalaahu 'alaihi wasallam. Allahuma waffiqhu li thaa'atika wa husni 'ibaadatika. Allahuma sahhil khuruujahu 'indal wilaadati war zuqhu wa ummahu wa waalidahus salaamata was sa'aadata wal 'aafiyata wasy-syahaadata wa husnil khaathimah. Rabbanaa hablanaan min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrata aiyuunin waj'alnaa lil muttaqiina immamaa.

Artinya : Ya Allah, hendaklah Engkau menjaga janin yang bersemayam dalam perut (sebut nama Ibu yang sedang hamil), hendaklah Engkau menjadikan janin ini sebagai keturunan yang baik, dan menjadikannya sebagai anak yang saleh, yang sehat, yang selamat sentosa, yang berakal sehat, yang cerdas, yang pandai, yang mengamalkan ilmunya, yang beruntung, yang dianugerahi rizki lapang, yang terbimbing pada perilaku-perilaku baik, yang kaya, yang dermawan, yang berkunjung ke dua negeri Haram (Mekah dan Madinah) untuk menunaikan bentuk ibadah (haji dan umrah) dan yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Ya Allah, baguskanlah dia dalam bentuk rupa dan akhlak, dan baguskanlah suaranya untuk membaca Al-Qu'ran Alkarim dan hadist-hadist Nabi Muhammad SAW. Ya Allah, hendaklah Engkau membimbing anak ini untuk mematuhi-Mu dan mengabdi kepada-Mu dengan baik. Ya Allah, hendaklah Engkau mempermudah kelahiran janin ini dan hendaklah Engkau berikan rezeki padanya, dan kepada ibu-bapaknya keselamatan, keberuntungan, kesejahteraan, ke-syahid-an dan berakhir dengan baik (husnul khatimah). Wahai Tuhan kami, anugerahkan lah kepada kami istri dan anak keturunan kami sebagai penyejuk hati, dan jadikanlah kami sebagai imam kaum bertakwa.

Baca Juga : Dalil dan Hadits Tentang Larangan Balas Dendam

Penutup

Sebagai bentuk rasa syukur serta memohon perlindungan Allah SWT bagi ibu dan anak yang sedang berada dikandungan, biasanya orang Indonesia mengadakan acara tasyakuran 4 bulanan yang agendanya adalah pembacaan doa-doa bagi ibu dan bayi. Surah, doa empat, 4 bulanan kehamilan bahasa Arab, latin dan terjemahan,menurut Islam, waktu pelaksanaan. 
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Tasyakuran Empat Bulanan? Jangan Lupa Baca Doa Ini!"