Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Doa yang Dibaca Ketika Aqiqah Si Kecil

Daftar Isi [show]

Kumpulan Doa yang Dibaca Ketika Aqiqah Si Kecil

Dhiragama.com - Pernah dengar kata Aqiqah atau Akikah? Aqiqah sendiri berasal dari Bahasa Arab yakni Al-Qat'u yang berarti 'memotong'. Secara definisi Aqiqah berarti kegiatan menyembelih hewan ternak pada hari ketujuh bayi dilahirkan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Karena itulah, pasti Aqiqah memiliki doa-doa khusus yang dibaca untuk si bayi dan keluarga sebagai doa dan ucapan rasa syukur. Lantas apa sajakah doa-doa tersebut? Penasaran? Yuk simak artikel berikut.

Doa Ketika Menyembelih Hewan Aqiqah

Aqiqah identik dengan penyembelihan hewan kambing dengan jumlah yang telah disesuaikan dengan jenis kelamin anak yang lahir, jika sang anak yang lahir berjenis kelamin perempuan maka jumlah kambing yang disembelih adalah 1 ekor, jika sang anak berjenis kelamin laki-laki maka jumlah kambing yang disembelih adalah 2 ekor.

Hal tersebutlah yang mengharuskan setiap orang mengetahui bagaimana doa menyembeli hewan untuk aqiqah. Berikut ini adalah doanya lengkap dengan lafadz Arab, latin dan terjemahannya.

...بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَرُ [ اللهم مِنْكَ وَلَكَ ] اللهم تَقَبَّلْ مِنِّي هَذِهِ عَقِيْقَةُ

Bismillahi wallahu akbar [Allahumma minka walaka] Allahumma taqabbal minni haadzihi 'aqiiqatu (sebutkan nama si anak)

Artinya : Dengan menyebut asma Allah. Allah Maha Besar. Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah dari kami. Inilah akikahnya… (sebutkan nama si anak).

Baca Juga : Lengkap! Inilah Kumpulan Doa untuk Orangtua

Doa Mencukur Rambut Bayi Ketika Aqiqah

Selain menyembeli hewan kambing, aqiqah juga identik dengan mencukur rambut si bayi. Ketika mencukur rambut bayi, kita dianjurkan untuk memnyertainya dengan membaca doa berikut ini yang didalamnya terkandung makna puji-pujian kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَللهم نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَنُوْرُالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ, اللهم سِرُّ اللهِ نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Allahumma nurus samswsti wa nurusy syamsyi wal qamari, Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati Rasulullahi Shallallahu ‘alaihi wasallam walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Artinya : Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah, rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasululullah SAW, dan segala puji Bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Doa Meniup Ubun-ubun Bayi Setelah Dicukur Ketika Aqiqah

Setelah mencukur rambut baik, kita pasti mencium kepala si bayi sambil ubun-ubunnya. Ketika meniup ubun-ubunnya kita juga dianjurkan untuk membaca doa berikut ini yang didalamnya terkandung makna memohon perlindungan bagi si bayi dan keluarganya dari gangguan setan.

اللَّهُمَّ إِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha minasy syaithanir rajiim.

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.

Baca Juga : Doa Sebelum dan Sesudah Berhubungan Lengkap dengan Adabnya

Doa Walimah Aqiqah

Doa terakhir adalah doa walimah aqiqah. Doa ini mengandung makna memohon perlindungan Allah SWT bagi si bayi agar selalu dijauhkan dari segala bahaya yang ada, kesesatan, dan kemaksiatan. 

اللهم احْفَظْهُ مِنْ شَرِّالْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَأُمِّ الصِّبْيَانِ وَمِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ وَالْعِصْيَانِ وَاحْرِسْهُ بِحَضَانَتِكَ وَكَفَالَتِكَ الْمَحْمُوْدَةِ وَبِدَوَامِ عِنَايَتِكَ وَرِعَايَتِكَ أَلنَّافِذَةِ نُقَدِّمُ بِهَا عَلَى الْقِيَامِ بِمَا كَلَّفْتَنَا مِنْ حُقُوْقِ رُبُوْبِيَّتِكَ الْكَرِيْمَةِ نَدَبْتَنَا إِلَيْهِ فِيْمَا بَيْنَنَا وَبَيْنَ خَلْقِكَ مِنْ مَكَارِمِ الْأَخْلَاقِ وَأَطْيَبُ مَا فَضَّلْتَنَا مِنَ الْأَرْزَاقِ اللهم اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ وَأَهْلِ الْخَيْرِ وَأَهْلِ الْقُرْآنِ وَلَا تَجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ مِنْ أَهْلِ الشَّرِ وَالضَّيْرِ وَ الظُّلْمِ وَالطُّغْيَانِ

Allahummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyani wa min jami’is sayyiati wal ‘ishyani wahrishu bihadlanatika wa kafalatika al-mahmudati wa bidawami ‘inayatika wa ri’ayatika an-nafidzati nuqaddimu biha ‘alal qiyami bima kalaftana min huquqi rububiyyatika al-karimati nadabtana ilaihi fima bainana wa baina khalqika min makarimil akhlaqi wa athyabu ma fadldlaltana minal arzaqi. Allahummaj’alna wa iyyahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`ani wa la taj’alna wa iyyahum min ahlisy syarri wadh dhoiri wadz dzolami wath thughyni.

Artinya : Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindungan-Mu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada di antara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.

Baca Juga : Lengkap! Doa Mandi Wajib Setelah Nifas Serta Tata Caranya yang Benar

Penutup

Aqiqah adalah kegiatan memotong kambing sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas kelahiran si kecil. Selain itu, pada Aqiqah si bayi akan dicukur rambutnya dan dibacakan doa-doa agar selalu berada didalam lindungan Allah SWT. Doa walimatul aqiqah singkat, untuk anak perempuan, bayi laki-laki, dan terjemahannya, qurban, bahasa arab, latin, terjemahan.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Kumpulan Doa yang Dibaca Ketika Aqiqah Si Kecil"