Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Dalil dan Hadits Larangan Pacaran dalam Agama Islam

Daftar Isi [show]

Dalil dan Hadits Larangan Pacaran dalam Agama Islam

Dhiragama.com - Didalam setiap hati manusia memang ditanamkan rasa cinta dan kasih sayang oleh Allah SWT kepada manusia lainnya. Tetapi dibalik rasa cinta dan kasih sayang itu, Allah SWT melarang keras setiap manusia untuk memiliki hubungan yang tidak halal atau yang biasa disebut dengan hubungan pacaran.

Mengapa Allah SWT melarang hamba-Nya untuk berpacaran? Karena pacaran adalah sebuah kegiatan yang menjurus kepada tindakan-tindakan yang jelas-jelas sangat dilarang oleh syara' karena dapat mendekatkan diri kepada perzinahan.

Lalu apa sajakah dalil serta hadits yang membahas tentang larangan pacaran dalam agama Islam? Simak selengkapnya pada pembahasan dibawah ini.

Dalil Larangan Pacaran dalam Agama Islam

Qur'an Surah An-Nur Ayat 30

قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ الله خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Artinya : Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat (QS. An-Nur : 30)

Baca Juga : Bosan Menyendiri? Yuk Baca Doa Ini Agar Cepat Dapat Jodoh

Qur'an Surah An-Nur Ayat 31

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ

Artinya : Katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman : “Hendaklah mereka menundukkan pandangannya, dan kemaluannya (QS. An-Nur : 31)

Qur'an Surah Al-Isra Ayat 32

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Artinya : Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk (QS. Al-Isra : 32)

Hadits Larangan Pacaran dalam Agama Islam

Hadits Riwayat Ibnu Majah

لم ير للمتحا بين مثل النكاح

Artinya : Tidak diketahui (yang lebih bermanfaat) bagi dua orang yang saling mencinta semisal pernikahan (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga : Kumpulan Dalil dan Hadits Tentang Memaafkan Orang Lain

Hadits Riwayat Bukhari

يَامَعْشَرَالشَبَابِ مَنْ اسْتَطَاعَ مِنْكُمُ الْبَاءَةَ فَلْيَتَزَوَّجْ فَإِنَّهُ أَغَضُّ لِلْبَصَرِ وَأَحْصَنُ لِلْفَرْجِ وَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَعَلَيْهِ بِالصَّوْمِ فَإِنَّهُ لَهُ وِجَاءٌ

Artinya : “Wahai sekalian para pemuda, barangsiapa di antara kalian telah mampu ba’ah[3] hendaklah menikah, karena menikah lebih menundukkan pandangan, dan lebih menjaga kehormatan. Barangsiapa yang belum mampu menikah, hendaklah puasa karena puasa merupakan wijaa’ (pemutus syahwat) baginya (HR. Bukhari)

Penutup

Allah SWT sangat melarang hubungan yang tidak halal diantara seorang pria dan wanita. Larangan tersebut tertulis jelas didalam Al-Qur'an dan bahkan didalam Hadits juga disebutkan hal yang sama. Hadits, dalil larangan pacaran itu zina, jarak jauh dalam, menurut Islam, sebelum menikah. Larangan, hukum pacaran dalam Al Quran, dosa orang berpacaran menurut islam.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Kumpulan Dalil dan Hadits Larangan Pacaran dalam Agama Islam"