Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis dan Bahagia Menurut Islam

Daftar Isi [show]

Dhiragama.com - Salah satu kekuasaan Allah SWT adalah menciptakan setiap makhluk hidup berpasang-pasangan, seperti yang tertulis di dalam surah Ar-Rum ayat 21.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya : Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. (QS. Ar-Rum : 21)

Namun setiap pasangan pasti memiliki masalahnya masing-masing yang terkadang membuat rumah tangga tidak harmonis. Tetapi jangan khawatir, artikel ini dapat membantu kita jika sedang berada di dalam fase tersebut. 

Yuk simak tips agar rumah tangga selalu harmonis dan bahagia menurut Islam dibawah ini! Selamat mebaca!

Memperkuat Hubungan dengan Allah SWT dan Saling Menjaga Ibadah

Rahasia pertama membangun keluarga harmonis adalah mempererat hubungan dengan Allah SWT. Dalam setiap langkah kecil dalam hidup kita, jangan pernah melupakan Allah SWT. Berdoalah agar Allah SWT selalu membantu keluarga kita tetap kuat dan harmonis.

Pasangan yang saling mencintai karena Allah SWT juga akan membuat keluarga lebih bahagia dan harmonis, karena hubungan yang baik dengan Allah SWT akan mempengaruhi hubungan yang baik dengan pasangan.

Baca Juga : Para Istri Wajib Baca Doa Ini Agar Suami Tidak Selingkuh

Selain itu saling menjaga ibadah juga menjadi salah satu kunci membuat rumah tangga lebih harmonis dan bahagia. Jika pasangan tidak bisa menjaga ibadahnya dengan baik, keluarga sakinah, mawaddah dan warahmah tidak akan terwujud.

Pasangan suami istri bisa bahagia jika mereka mentaati perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya serta saling mengingatkan dalam hal ibadah.

Memperbanyak Bersyukur Kepada Allah SWT

Rahasia membangun keluarga harmonis selanjutnya adalah selalu bersyukur kepada Allah SWT. Rasa syukur juga merupakan salah satu pondasi keharmonisan keluarga. Dengan rasa syukur, suami akan selalu membuat istri berada di jalur yang benar, begitu pula sebaliknya.

Saling Memberikan Perhatian

Tips selanjutnya adalah dengan saling memberikan perhatian. Saling menjaga antara suami istri juga dapat membuat keluarga lebih harmonis dan bahagia. Bahkan sedikit perhatian bisa membuat pasangan bahagia.

Salah satu caranya adalah dengan mengucapkan kata-kata cinta dan kasih sayang kepada pasangan kita. Hal ini memang terlihat sangat sederhana, namun dapat membuat hubungan suami istri menjadi lebih erat.

Baca Juga : Baca Doa Ini Agar Si Kecil Nurut Kepada Orang Tua

Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Kunci utama keluarga harmonis adalah memiliki waktu luang untuk menghabiskan waktu bersama. Memiliki waktu yang baik sangat penting untuk menjaga hubungan keluarga.

Terkadang, suami ataupun istri sibuk dengan pekerjaan dan sering meninggalkan waktu bersama keluarga. Jika dibandingkan dengan materi, waktu menjadil hal yang paling berharga dan tak ternilai harganya. Jadi sanagt perlu untuk kita meluangkan waktu yang kita miliki. 

Jika kita tidak memiliki waktu untuk berkumpul dengan keluarga, mengapa kita harus repot-repot mengumpulkan uang? Oleh karena itu, menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga, meski hanya sebentar, sangat berkesan dan akan membawa keharmonisan dalam keluarga.

Selalu Bersabar dalam Menghadapi Berbagai Kondisi

Berikutnya adalah dengan saling bersabar dalam menghadapi berbagai kondisi. Terkadang kita tidak bisa menghindari cobaan atau konflik dalam keluarga. Oleh karena itu, suami dan istri harus jujur ​​dan amanah serta saling percaya satu sama lain. Jika salah satu pasangan melakukan kesalahan, pasangan lainnya harus bersabar menghadapinya. 

Baca Juga : Doa Agar Anak Tidur Nyenyak dan Tidak Rewel

Saling Memaafkan dan Tidak Mudah Marah

Tips selanjutnya dalam membangun keluarga yang harmonis dan bahagia adalah dengan memaafkan kesalahan pasangan. Manusia memang tempatnya salah dan pasti membuat kesalahan pada orang lain, termasuk anggota keluarganya sendiri. 

Selain itu kita juga harus tidak mudah marah. Kita tidak hanya harus memaafkan kesalahan keluarga kita, tetapi juga harus menahan amarah kita terhadap mereka.

Memahami Tugas dan Peran Masing-Masing

Terakhir adalah dengan memahami peran dan tanggung jawab masing-masing, baik suami terhadap istri dan keluarga ataupun istri terhadap suami dan keluarga.

Seorang suami memiliki banyak tanggung jawab untuk membangun keluarga yang harmonis, salah satunya adalah mendidik dan membimbing istrinya untuk selalu taat kepada Allah SWT, jangan berlaku kasar kepada istri, dan jangan pelit dalam menafkahi istri dan anak-anak.

Baca Juga : Baca Doa Ini Agar Hutang Cepat Lunas 

Seorang istri pun juga harus memahami tugas dan perannya. Istri juga harus menghormati dan menjaga kehormatan suami, tidak boleh bersikap buruk serta mendahulukan suami dan anak. 

Penutup

Setiap rumah tangga terkadang memiliki masalahnya masing-masing. Namun, sebagai muslim kita dapat mengikuti tips diatas agar rumah tangga dan keluarga selalu harmonis dan bahagia menurut Islam. Kunci kebahagiaan, pesan suami istri dalam, cara menghadapi masalah rumah tangga langgeng dalam, menurut Islam.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Tips Agar Rumah Tangga Selalu Harmonis dan Bahagia Menurut Islam"