Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Amalkan 7 Cara Ini Agar Doa Cepat Terkabul dalam Islam

Daftar Isi [show]

Cara Agar Doa Cepat Terkabul

Dhiragama.com - Siapapun pasti sangat menginginkan setiap doa dan harapannya cepat terkabul, apalagi jika doa-doa tersebut adalah doa yang baik. Tetapi, apakah kita sudah mengetahui bagaimana tata cara berdoa yang baik agar doa-doa kita cepat terkabul?

Jika pada artikel lalu kita telah membahas mengenai adab ketika berdoa. Kali ini kita akan membahas bagaimana tata cara agar doa dapat cepat terkabul lengkap dengan waktu mustajab untuk berdoa. Simak caranya berikut ini.

Bersuci atau  Berwudhu Terlebih Dahulu

Salah satu hal yang bisa ibu lakukan agar doanya cepat dikabulkan adalah dengan memperhatikan rutinitas sholat yang baik. Salah satunya adalah mandi sebelum berdoa kepada Allah SWT. Sementara shalat bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, umat Islam harus mandi untuk menghindari segala kotoran atau najis. Ketika sudah bersih dan suci, shalat dapat dilakukan dengan lebih nyaman di hadapan Allah SWT.

Baca Juga : Doa Nabi SAW Saat Isra Miraj dan Doa yang Dapat Dibaca Saat Peringatan Isra Miraj

Mulai Doa dengan Memuju Allah SWT dan Akhiri dengan Bersholawat

Cara cepat menjawab doa selanjutnya adalah memulai sholat dengan membaca dzikir dengan ikhlas untuk memuji Allah SWT. Hal ini karena Allah SWT adalah Tuhan yang kita minta, Maha Pemberi dan Pencipta segala sesuatu. Jadi, puji dan minta saja kepada Allah SWT. Maka sebelum menutup doa, sebaiknya membaca sholawat Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW adalah nabi terakhir yang dicintai oleh Allah SWT dan satu-satunya yang dapat memberikan pertolongan (syafaat) bagi umat Islam di akhirat, maka dari itu kita wajib mencintai Nabi Muhammad SAW. Salah satu bukti kecintaannya adalah membaca sholawat. Melakukan ini dengan itikad baik, sepenuhnya untuk Allah SWT.

Posisi Menghadap Kiblat dan Mengangkat Kedua Tangan

Cara lain agar doa dikabulkan dengan cepat adalah menghadap kiblat dan mengangkat tangan. Rasulullah SAW bersabda,

“Sesungguhnya Allah SWT Maha Pemalu lagi Maha Pemurah terhadap seorang hamba yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa, kemudian kedua tangannya kembali dengan kosong dan kehampaan (tidak dikabulkan).”

Memelankan Suara dan Tidak Tergesa

Jika Anda ingin doa Anda terkabul, pelan-pelan pelankan suara Anda saat Anda meminta pengampunan dan harapan. Selain itu, jangan terburu-buru berdoa, tetapi lakukan dengan khusyuk'. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an yang artinya,

فَاسْتَجَبْنَا لَهٗ ۖوَوَهَبْنَا لَهٗ يَحْيٰى وَاَصْلَحْنَا لَهٗ زَوْجَهٗۗ اِنَّهُمْ كَانُوْا يُسٰرِعُوْنَ فِى الْخَيْرٰتِ وَيَدْعُوْنَنَا رَغَبًا وَّرَهَبًاۗ وَكَانُوْا لَنَا خٰشِعِيْنَ

“Maka Kami kabulkan (doa)nya, dan Kami anugerahkan kepadanya Yahya, dan Kami jadikan istrinya (dapat mengandung). Sungguh, mereka selalu bersegera dalam (mengerjakan) kebaikan, dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka orang-orang yang khusyuk kepada Kami.” (Q.S . Al-Anbiya’ : 90).

Dalam hadits Abu Huraira, Rasulullah SAW bersabda yang artinya sebagai berikut.

“Akan diijabahi doa kalian, jika tidak berdoa dengan tergesa-gesa. Sungguh kamu telah berdoa, maka atau kenapa tidak diijabahi?” (H. R. Imam Bukhari).

Berdoa dengan Penuh Rasa Keyakinan

Selain berharap, cara cepat berdoa berikutnya adalah berdoa kepada Allah SWT dengan penuh keyakinan. Dalam hal ini berarti Anda harus yakin dan tidak ragu-ragu ketika berdoa. Kepercayaan diri harus ditunjukkan baik dalam hati maupun diucapkan dengan lisan.

Baca Juga : Jangan Takut! Baca Doa Ini Ketika Melihat Hantu

Rasulullah SAW melarang seorang berdoa dengan mengucapkan, “Ya Allah, ampunilah aku jika Engkau berkenan. Ya Allah, rahmatilah aku jika Engkau berkenan. Akan tetapi, dalam berdoa, harus dengan perasaan yakin karena Allah SWT akan berbuat apa saja tanpa ada yang memaksa.” (H.R. Muslim)

Berdoa dengan Penuh Harap

Terdapat beberapa hadits yang menyebutkan bahwa berdoa dengan penuh harap dapat mempercepat terkabulnya doa. Berikut adalah beberapa haditsnya.

“Berdoalah kepada Allah dengan harapan akan dikabulkan. Karena Allah tidak akan menerima doa dari hati yang lalai dan kosong dari harapan.” (H.R. At-Tirmidzi)

“Sesungguhnya hati itu bagaikan bejana. Sebagiannya lebih luas dari sebagian yang lain. Jika kalian meminta kepada Allah, maka mintalah dengan penuh harap bahwa doa itu akan dikabulkan. Karena Allah tidak akan mengabulkan doa seseorang dari hatinya yang lalai.” (H.R. Ahmad)

Berdoa dengan Sungguh-Sungguh

Tidak hanya penuh harapan dan keyakinan, umat Islam yang berdoa juga harus bersungguh-sungguh jika keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT. Perlu kita ketahui, Allah SWT senang mendengar hamba-Nya meminta dengan tulus. Ketika umat Islam mendekati doa, Allah pasti akan mengabulkannya.

Baca Juga : 9 Adab Berdoa Menurut Islam yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Berikut ini adalah waktu mustajab dalam Islam untuk berdoa.

1. Pada sepertiga malam

2. Ketika sahur

3. Pada malam Lailatul qadar

4. Pada saat mendengar Adzan

5. Waktu diantara Adzan dan Iqamah

6. Ketika sujud dalam shalat

7. Sebelum mengucap salam ketika sholat fardhu

8. Ketika hari Jum'at

9. Ketika turun hujan

10. Waktu diantara Dzuhur dan Ashar pada hari Rabu

11. Ketika hari Arafah atau tepatnya 9 Dzulhijjah

12. Ketika perang berkecamuk

13. Saat meminum air zam-zam

Penutup

Itulah tata cara agar doa dapat cepat terkabul dan waktu mustajab untuk berdoa yang dapat kita terapkan ketika berdoa sehari-hari. Semoga Allah SWT selalu mengabulkan doa-doa baik kita. Aamiin ya Rabbal 'Alamiin. Adab dan tata cara berdoa menurut islam, rahasia, cara, waktu doa yang benar, dikabulkan Allah.
Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Amalkan 7 Cara Ini Agar Doa Cepat Terkabul dalam Islam"