Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Belajar Islam : Bahasa Inggris, Arab, Latin dan Terjemahan

Daftar Isi [show]

Doa Belajar Islam Dalam Bahasa Inggris
Dhiragama.com - Menuntut ilmu adalah kegiatan yang diwajibkan dalam Islam. Mengapa demikian? Karena dalam Islam menuntut ilmu termasuk ibadah dan dengan ilmu kita dapat membuktikan kekuasaan Allah SWT. 

Tetapi, setiap kegiatan yang dilakukan sangat amatlah baik apabila diawali dengan berdoa, salah satunya adalah sebelum belajar. Lalu bagaimanakah doa sebelum belajar dalam Islam dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab? Yuk kita simak pembahasan dibawah ini. Selamat membaca.

Hadits Kewajiban Tentang Menuntut Ilmu

Setiap manusia diwajibkan untuk menuntut ilmu, laki-laki maupun perempuan, usia tua maupun muda. Hal ini dijelaskan melalui sebuah hadits riwayat Ibnu Majah berikut ini.

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya : Menuntut Ilmu itu wajib bagi setiap Muslim. (HR. Ibnu Majah)

Baca Juga : Baca doa ini ketika masuk dan keluar Masjid

Menuntut ilmu memiliki pahala yang cukup besar. Ketika seseorng yang berilmu mampu membagikan ilmunya sehingga bermanfaat bagi orang lain, di situlah letak keutamaannya. Ilmu yang bermanfaat akan membantu amal kita di kubur kelak. Hal ini seperti yang terdapat pada hadits berikut ini.

إِذَا مَاتَ ابنُ آدم انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya : Jika seorang manusia mati, maka terputuslah darinya semua amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shaleh yang mendoakannya. (HR. Muslim)

Untuk hadits lainnya tentang kewajiban menuntut ilmu dapat disimak selebihnya disini

Doa Belajar Islam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah doa sebelum belajar dalam Islam dengan bahasa Inggris dan Arab dilengkapi latin dan terjemahannya.

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Radliitu billaahi rabbaa, wabil islaami diinaa, wabimuhammadin nabiyyaw warasuula, rabbii zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya : Kami ridho Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.

Baca Juga : Yuk baca doa ini ketika masuk dan keluar rumah

Bahasa Inggris : We are pleased with Allah SWT. as my Lord, Islam as my religion, and Prophet Muhammad as a prophet and messenger, Oh Allah, add to me knowledge and give me good understanding.

Doa belajar lainnya yang dapat dibaca adalah sebagai berikut.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Rabbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shaalihiin

Artinya : Ya Tuhanku, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizki akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh.

Bahasa Inggris : Oh my Lord, increase my knowledge, and grant me the grace to understand it, And make me one of the pious people.

Penutup

Itulah beberapa doa yang dibaca ketika sebelum belajar. Setiap perbuatan yang baik akan lebih mudah dilakukan jika diawali dengan membaca doa. Selain memperlancar proses belajar, doa juga merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT. karena telah memberikan kita kemampuan untuk tetap bisa menuntut ilmu. Dengan berdoa, ilmu yang didapat pun menjadi berkah dan bermanfaat bagi banyak orang. Doa belajar Islam, inggris, arab, dan artinya, latin, anak tk, di sekolah.

Show comments
Hide comments

Post a Comment for "Doa Belajar Islam : Bahasa Inggris, Arab, Latin dan Terjemahan"